Rabu, 22 Mei 2019

Alon Alon Waton Sugih

"Alon Alon Waton Klaton"
Alon artinya Perlahan, sabar, teliti ketika melakukan sesuatu.
Waton artinya asal
Klakon artinya terlaksana

jadi prinsip ini menganjurkan kita untuk melakukan sesuatu secermat mungkin, tidak gegabah atau terburu-buru, sehingga hasil yang dicapai maksimal.

bila ada yang meminta nasihat bagaimana cepat kaya main saham, secara bergurau saya jawab, kalau mau cepat kaya pelihara jin dan tuyul saja. ada cara kaya yang lebih canggih dan tidak pula membuat tetangga kita mendadak miskin. kaya secara lebih lambat tapi lebih aman, seperti julul di atas.

lima langkah berinvestasi dengan semangat "alon alon waton klakon". TITIS dalam bahasa jawa berarti tepat sasaran.

>T adalah singkatan dari TUJUAN. ini langkah pertama dan amat penting dalam berinvestasi. sebaiknya kita membuat tujuan yang lebih spesifik dari sekedar ingin cepat kaya. misalnya jumlah uang yang akan di investasikan, risiko yang berani di tanggung, dan jangka waktu investasi. tujuan inilah yang menentukan apakah kita akan berbisnis saham jangka pendek atau berinvestasi saham dengan jangka waktu lebih panjang.

>I adalah singkatan dari INSTRUMEN. pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan yang telah di tetapkan. untuk tujuan investasi jangka panjang, investasi pada saham adalah alternatif terbaik. namun hati-hati jangan salah memilih saham karena saham memiliki gradasi imbal hasil dan resiko yang amat lebar. jangan sampai kita membeli saham gorengan atau saham yang prospek fundamentalnya suram untuk investasi jangka panjang.

>T adalah singkatan dari TELITI. dana yang diinvestasikan bukanlah merupakan dana yang sedikit. jangan sampai salah pilih.ibarat memilih pasangan hidup, harus mempertimbangkan bibit, bebet dan bobotnya. membeli saham juga demikian, harus teliti sebelum membeli. ingatlah nasihat " buy what you know, know what you buy".

>I adalah singaktan dari INVESTASI. perlu diperhatikan mau berinvestasi atau berspekulasi. ada 3 unsur yang membedakan sebuah investasi dari spekulasi : 1)ada analisis yang komprehensif sebelum membuat keputusan. 2) probabilitas kehilangan dana investasi relatif rendah, dan 3) menjanjikan imbal hasil yang wajar.

>S adalah singakatan dari SEBARKAN RISIKO. investasi selalu memiliki 2 sisi: imbal hasil dan risiko. jangan menjadi "investor bajak laut" yang punya satu mata, yaitu hanya bisa melihat sisi imbal hasil. ingat nasib nasabah bank century dan antaboga sekuritas. cara mengelola risiko dengan menyebarkan dana (difersifikasi) ke berbagai instrumen investasi. amalkan selalu nasihat " dont put all eggs in one basket" pada saat pasar bergairah (bullish) maupun lesu (bearish).

kunci berhasil dalam berbisnis saham adalah tidak takut terhadap saham. jangan takut gagal karena kita tidak memiliki latar belakang pendidikan keuangan. yang menentukan hasil akhir bukanlah kepala (head) tapi keberanian (gut) mengambil risiko. terkadang kita harus berani mengambil risiko secara cermat (calculated risk), namun bukan dengan modal nekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menetukan besarnya volume order

Memilih volume order yang tepat adalah tantangan besar untuk trader pemula.  Mari kita bahas! Ada beberapa cara untuk memilih volume ...