Rabu, 22 Mei 2019

Pengenalan Technical Analyst

        Technical analyst adalah suatu metode pengevaluasian saham, komoditas, forex, ataupun sekuritas lainnya dengan cara menganalisa statistik yang dihasilkan oleh aktifitas pasar dimasa lampau guna memprediksi pergerakan harga dimasa mendatang.

para analis melakukan riset dengan menggunakan data-data teknikal ini disebut teknikal analyst. para teknikal ini tidak menggunakan data-data ekonomi untuk mengukur nilai sebenarnya (intrinsik value) dari suatu saham seperti yang dilakukan oleh para fundamentalis, tetapi menggunakan grafik (chart) untuk merekam pergerakan harga dan jumlah transaksi (volume) untuk mengidentifikasi suatu pola pergerakan harga yang terjadi di pasar.

ada tiga pemikiran yang menjadi dasar pada teknikal analyst, yaitu :
1. Pergerakan harga yang terjadi di pasar telah mewakili semua faktor lain
2. Terdapat suatu pola kecenderungan dalam pergerakan harga
3. Sejarah akan terulang

pernyataan pada poin nomor satu, "pergerakan harga yang terjadi dipasar telah mewakili semua faktor lain" mungkin merupakan poin terpenting dan menjadi dasar utama pemikiran dalam teknikal analyst.

para teknikal meyakini bahwa segala sesuatu yang bisa mempengaruhi harga saham, baik dari segi fundamental, politik, maupun faktor-faktor lainnya. secara psikologis sebenarnya telah tercermin pada pergerakan harga yang terjadi dipasar. hal ini dikarenakan hukum permintaan dan penawaran yang membentuknya.

Bullish dan Bearish adalah istilah dalam bahasa inggris yang digunakan untuk melambangkan situasi pasar. Bullish berasal dari kata Bull yang artinya banteng. seperti ciri banteng yang suka mengayunkan tanduknya keatas, melambangkan optimisme para pelaku dalam kondisi pasar yang harganya sedang naik. Bearish berasal dari kata Bear yang artinya beruang. seperti beruang yang suka mengayunkan cakarnya ke bawah, melambangkan pesimisme para pelaku dalam kondisi pasar yang harganya sedang turun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menetukan besarnya volume order

Memilih volume order yang tepat adalah tantangan besar untuk trader pemula.  Mari kita bahas! Ada beberapa cara untuk memilih volume ...